Olahan Sambel Welut Pak Sabar yang Jos!

Tidak mudah untuk menemukan lokasi rumah makan yang menyajikan berbagai macam olahan welut (belut) yang pedas ini. Selain lokasinya yang tidak terletak di pinggir jalan besar ini, letak rumah makan ini pun harus masuk ke dalam sebuah gang di kawasan imogiri.

Sambel welut pak sabar, itu adalah nama rumah makan yang terletak di Jl. Imogiri Barat Km. 4, tepatnya di Dokaran, Tamanan, Banguntapan, Bantul. Dari kota Yogya jaraknya sekitar 6 km. Arahnya dari Jln. Sisingamangaraja atau Jalan Imogiri Barat ke selatan sampai bertemu dengan ringroad selatan, masih ke selatan lagi sekitar 1,5 km sampai melewati  dusun Ngoto (Jln. Imogiri Barat Km. 6)  kemudian belok ke timur sampai ketemu papan nama Pak Sabar.

Sambel welut pak sabar ini sudah berdiri dari tahun 1993 yang awalnya hanyalah sebuang angkringan yang berada di tepi jalan. Sambel belut dibungkus satu persatu dengan nasi layaknya nasi kucing pada umumnya. Namun penyajian seperti itu hanya bertahan selama 1 minggu, hari – hari berikutnya pak sabar menyajikan sambel welut menggunakan piringan dimana pembeli dapat mengambil sendiri sambel dan nasinya. Semenjak tahun 2003, Pak Sabar berjualan di rumahnya yang terletak 50 m dari jalan. Dan semenjak tahun 2006 menjual sambal belut yang sudah dihilangkan durinya dan sambalnya dimasak ndadak (segera) setelah ada pesanan.

Ini dia Sambel Welut dan Welut Goreng
Ini dia Sambel Welut dan Welut Goreng

Sesuai namanya Warung ini menyajikan menu spesial sambal belut, belut yang sudah dihilangkan durinya diulek dengan sambal, meski sekarang tidak lagi diulek menggunakan cobek, tapi ditumbuk dengan alu untuk mempermudah mengolahnya dan lebih cepat karena pengujung warung ini sudah banyak. Namun rumah makan ini tidak hanya menyediakan olahan belut, anda juga dapat memesan berbagai ikan air tawar seperti ikan gabus dan lele. Yang spesial dari rumah makan ini adalah kondisi belut yang masih fresh, belut yang dimasak secara dadakan saat pembeli memesan yang membuat rasa dari belut tersebut lebih nikmat.

Selain menu makanannya yang juara, suasana makan di rumah makan disini sangat asri karena tidak berada di pinggir jalan. Dan dibuat agar terkesan seperti makan di rumah sendiri karena yang memang bangunannya masih tradisional. Untuk minuman pun kita bisa meminta gula batu sebagai pemanis. Rumah makan ini buka dari jam 10.00 – 22.00 setiap harinya.

 

Reporter : Septyonaka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s