Gudeg Mercon Bu Tinah yang ‘Huh-Hah’

Gudeg tentu sudah tidak asing lagi ditelinga kita, apalagi saat kita berada di Yogyakarta. Makanan yang menjadi ciri khas kota jogja pun sekarang sudah banyak di modifikasi masalah rasa agar dapat diterima oleh semua kalangan. Gudeg yang awalnya terkenal sebagai makanan manis sekarang sudah terdapat berbagai macam rasa, salah satu contohnya adalah gudeg mercon Bu Tinah yang berada di pinggir jalan kranggan itu.

Bu Tinah dengan Gudeg Mercon buatannya
Bu Tinah dengan Gudeg Mercon buatannya

Sesuai dengan namanya “mercon” yang biasa digunakan untuk memberi label bahwa makanan tersebut adalah makanan yang tergolong cukup pedas. Memang gudeg buatan tangan bu tinah ini termasuk dalam gudeg yang di modifikasi untuk para pencinta makan pedas. Berupa sayur tempe dan potongan cabai hijau, ditambah krecek dengan cabai rawit merah ini memberi sensasi lain pada ritual makan gudeg Jogya. Sejak warung ini berdiri sekitar 20 tahun lalu, bu tinah selalu memasak gudegnya sendiri.

Untuk menikmati gudeg mercon ini, harga seporsinya terdiri dari nasi, gudeg, dan telur harganya Rp13.000. Jika lauknya ditambah ayam suwir harganya Rp15.000, ditambah daging ayam paha atas harganya Rp25.000, sedangkan paha bawah harganya Rp30.000. Makanan pendamping seperti bakwan harganya Rp.2.000, tempe mendoan Rp1.000, dan sate ayam Rp5.000.

Warung bu tinah ini memang tidak besar, hanya bermodalkan tenda berukuran 2×1,5 m ini tidak menghalangi niat pembeli untuk menyicipi gudeg mercon ini. Pengunjung bisa makan menggunakan kursi plastic di sekitar warung bu tinah atau juga dapat lesehan menggunakan tikar yang sudah di sediakan di sebrang jalan. Warung Gudeg Mercon Bu Tinah biasa buka sekitar pukul 21.00 WIB hingga habis, biasanya jam 02.00 gudeg bu Tinah ini sudah habis terjual. Meskipun buka tengah malam, nyatanya Warung Gudeg Mercon Bu Tinah ini selalu diburu masyarakat, apalagi para wisatawan yang ingin mencicipi nikmatnya kuliner khas Yogya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s