Ayam Saos Pedas, Menggoyang Lidah dan Perut

Kota Yogyakarta selalu dikenal dengan wisata kuliner yang manis-manis. Kenapa? Terbukti dari makanan khas kota pelajar ini dengan makanan gudeg. Setiap pengunjung yang datang ke Yogyakarta pasti akan selalu mengira bahwa Yogyakarta identik dengan makanan yang manis-manis.

Semakin berjalannya waktu, kini Yogyakarta tidak melulu identik dengan khas gudeg dengan rasa manis. Kota Yogyakarta sudah berkembang dengan berbagai rumah makan yang menyediakan makanan-makanan pedas. Masyarakat tidak perlu kebingungan mencari rumah makan khusus makanan-makanan pedas.

Ayam Saos Pedas terletak di Jalan Moses Gatot Kaca No. 99 kini hadir untuk para penggemar makanan pedas. Berada di daerah kampus Atma Jaya Mrican dan Sanata Dharma menjadikan rumah makan ini sangat laris dan selalu ramai.

Letaknya yang strategis tidak sesuai dengan ukuran rumah makan yang terbilang kecil. Tidak usah khawatir, ukuran rumah makan tidak menentukan rasa dari makanan yang disajikan. Pertama kali melihat tempat makan ini, yang terlintas di benak pikiran hanya “penuhnya tempat makan ini”. Ingin mencari tempat makan lain, tetapi penasaran tempat makanan itu seperti apa. Di tambah lagi rumah makan mungil ini memiliki desain interior seperti caffe modern.

Warung makan ASP (Ayam Saos Pedas) tidak hanya menyajikan daging ayam, tetapi juga menyajikan seafood serta spaghetti sebagai makanan tambahan. Warung makan ini memang menyajikan pesanan dengan kuah, tetapi kuah yang mereka sajikan cukup menggoyang lidah dan perut. Bukan karena kuah yang panas, tetapi karena kuah berisikan bumbu dan cabai kecil yang dipotong-potong sangat pedas.

asp1

Pada saat mendatangi warung ini, salah satu pengunjung mengaku terlalu menganggap sepele karena ukuran warung yang kecil dan mungkin tidak sesuai dengan ukuran pedas yang dibentuk melalui level 1 sampai 4. Ketika sudah melahap makanan ini menggunakan level 4, maka jujur saja tidak hanya pedas tetapi sampai mengeluarkan keringat dan air mata. Pedasnya sangat nendang, bukan bumbu buatan untuk pedas tetapi potongan cabe rawit asli. Daging ayam yang kriuk disiram dengan kuah saos pedas dibumbui cabe rawit, membuat lidah benar-benar tak berkutik ingin terus mengunyah daging tersebut.

asp2

Enaknya makan disini, seenak dengan harga yang cukup murah meriah. Paketan ayam saos pedas dengan saos lada hitam, saos merah dan lombok ijo hanya seharga Rp 12.000,00 sudah dengan minuman es teh atau es cola. Sedangkan untuk menu ASP special, pete, rendang, seafood dan spaghetti mencapai harga maksimal Rp 20.000,00. Bagi pengunjung yang sangat lapar dan ingin nasi lebih banyak, tidak usah khawatir. Disini Warung ASP (Ayam Saos Pedas) nasi diambil sendiri. Pemanas nasi terletak di dekat tempat pemesanan dan kasir sehingga sangat mudah menjangkaunya.

Dijamin, penggemar makanan pedas tidak akan menyesal jika berkunjung ke tempat ini. Hanya dibutuhkan kesabaran mengantri untuk makan.

 

Rep : Yemima

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s